Audit Energi vs Audit Kualitas Power – Di beberapa minggu sebelumnya, kami sempat membahas tentang bahaya listrik / electrical hazard. Ya! sesuai dugaan anda, dalam artikel tersebut kami membahas banyak sekali poin tentang bagaimana anda seharusnya bekerja dengan aman, tapi apakah anda sudah tau bahaya listrik itu apa saja? Anda dapat membacanya di SINI.

Ok, kali ini, sesuai dengan judulnya. Kami akan membahas tentang mengapa audit kualitas power (Power Quality) sama pentingnya dengan audit energi?

Audit energi dirancang untuk menilai konsumsi energi di dalam fasilitas tertentu seperti

Pabrik, Pertambangan dan berbagai sektor lainnya. Audit tersebut berfokus pada kilowatt, tentang berapa banyak energi yang dikonsumsi pada satu titik waktu, dan kilowatt/jam, serta berapa banyak energi yang dikonsumsi dari waktu ke waktu.

Audit konsumsi energi akan memberi tahu Anda berapa banyak energi yang Anda konsumsi dan kapan saja waktu anda menggunakan energi tersebut. Eits! Tetapi, audit ini tidak serta-merta memberi tahu Anda, mengapa Anda mengonsumsi begitu banyak energi. Audit energi ini adalah langkah pertama yang berguna untuk mengurangi konsumsi energi karena Audit Energi ini akan membantu Anda untuk menetapkan dasar untuk kelistrikan yang “normal”, seperti misalnya bagaimana menerapkan strategi penghematan konsumsi listrik.

Audit Kualitas Power dan Energy oleh PT Media Kontrol Utama

Audit Kualitas Power dan Energy oleh PT Media Kontrol Utama

Sekarang untuk Audit Kualitas Daya / Power Quality

Audit ini mengukur bagaimana perangkat modern seperti komputer, lampu LED, penggerak frekuensi variabel efisiensi tinggi, dan motor kontrol memengaruhi kinerja sistem distribusi daya Pabrik.

Dalam beberapa kasus, semua perangkat ini menciptakan harmonik akibat catu dayanya. Harmonik ini (merupakan arus yang dapat membebani kabel yang menciptakan panas dan dalam kasus ekstrim dapat berakibat kebakaran) mendistorsi gelombang sinus yang bergerak melintasi sistem. “Daya yang kotor” ini kemudian mempengaruhi kualitas dan kondisi listrik di dalam pabrik, yang pada gilirannya menyebabkan pemanasan pada sirkuit, kegagalan motor, dan kegagalan sistem.

Sederhananya, jika pabrik, misalnya, secara teratur menghabiskan waktu, uang, dan sumber daya untuk mengganti motor, penggerak frekuensi variabel (VFD), dan peralatan kontrol lainnya, maka pabrik tersebut kemungkinan mengalami masalah distorsi harmonik.

Sektor industri bukanlah satu-satunya bangunan yang terkena harmonik. Setiap bangunan di mana elektronik dengan aliran listrik, tetap memiliki resiko. Seperti misalnya pabrik pengolahan air, rumah sakit, gedung perkantoran, serta sekolah dasar dan perguruan tinggi.

Gejala harmonik adalah gejala listrik yang sering membuat teknisi listrik frustrasi seperti “Kami tidak tahu kenapa pemutus sirkuit itu terus-menerus mengalami trip (mengetrip)” atau “Kami tidak paham kenapa UPS ini terus mati.”

Jangan khawatir! Masalah ini dapat diatasi dan diselesaikan.

Hanya saja, solusinya sering kali membutuhkan bantuan para ahli dengan peralatan yang dapat mengidentifikasi gejala atau masalah pada listrik.

Mengapa-audit-kualitas-power-sama-pentingnya-dengan-audit-energi - MKUSBY.COM

Audit Power Quality oleh PT Media Kontrol Utama

Lalu, anda bertanya-tanya, apa sebenarnya penyebab Harmonik itu?

Rekan-rekan, masalah harmonik dan sistem distribusi listrik itu tidak dapat diidentifikasi hanya dengan mata telanjang. Prosesnya cukup panjang dan melibatkan peralatan pendeteksi kualitas daya khusus pada sistem distribusi daya pada fasilitas (Pabrik, Kantor, dsb). Peralatan ini dapat dipasang sementara atau permanen tergantung kebutuhannya. Kemudian, setelah peralatan dipasang, pemantauan pun dimulai, lalu teknisi power quality akan melakukan evaluasi terhadap data yang direkam dan meninjau apa yang dapat dilakukan.

Jika masalah harmonik terdeteksi, mekanisme filtrasi atau penyaringan akan diperlukan. Salah satu solusinya, anda dapat menggunakan filter harmonik Schneider Electric AccuSine Plus, sangat efektif dalam menetralkan efek harmonik yang berbahaya. Filter AccuSine, menampilkan gelombang sinus dari tiga fase daya yang mengalir melalui sistem dan menggambarkan tingkat distorsi harmonik. Setelah bagian penyaringan dari mekanisme dihidupkan, gelombang sinus kembali ke gelombang normal berbentuk s yang berosilasi di atas dan di bawah nol. Proses penyaringan ini akan mengoreksi harmonisa yang ada.

Desired clean sine wave

Unwanted harmonic distortion

 

 

 

 

 

Tertarik untuk menyelesaikan masalah Energi pada Pabrik Anda? Hubungi Kami sekarang! Dan dapatkan penjelasan yang lebih rinci terkait masalah listrik di tempat Anda. Tschüs! 👷

Referensi : 

PT Media Kontrol Utama

PT Media Kontrol Utama

Adalah jasa profesional untuk Kelistrikan Industri & Gedung Komersil Anda. Telah berpengalaman selama lebih dari 20 Tahun.

error: Content is protected !!