Skip to main content

Inspeksi Alat Kerja – rekan-rekan, ada banyak sekali orang diluar sana yang cedera saat menggunakan alat kerja. Banyak dari cedera ini terjadi karena penggunaan yang tidak tepat, tetapi ada juga orang yang cedera karena alat yang rusak atau alat yang diperbaiki.

Kali ini, kita akan membahas alat-alat genggam yang bukan listrik atau pneumatik, seperti yang ditemukan di hampir setiap lokasi kerja dan di rumah seperti misalnya obeng, palu, pahatan, dan kunci pas.

Pentingnya-Inspeksi-Alat-Kerja - PT Media Kontrol Utama

Inspeksi Alat Kerja – PT Media Kontrol Utama

Iya, kami tau ini kurang lengkap, tapi ini adalah beberapa perkakas tangan yang paling umum digunakan :

Palu – Pastikan gagangnya tidak patah atau terkelupas. Jika gagangnya ditempel, kemungkinan besar sudah rusak dan perlu diganti. 🔨

Perlu anda ingat, pada alat apa pun, selotip bukanlah solusi untuk memperbaiki alat kerja. Jika selotip itu lepas, dan palu lepas dari gagangnya, maka anda akan celaka serta cedera. Jadi pastikan kepala palu terpasang erat pada gagangnya dan buang palu jika ada bagian yang patah.

Obeng – Sekali lagi, pastikan gagangnya tidak terkelupas atau patah. 🪛

Banyak orang menggunakan obeng sebagai alat pahat dan memukul bagian belakangnya dengan palu. Nah, ini dapat menyebabkan kerusakan pada obeng dan akan merusak gagangnya. Jika kepala obeng terkelupas atau aus, ganti obeng.

Pahat – Pahat adalah alat yang kuat, tetapi seperti alat lainnya, pahat akan mulai rusak seiring waktu. 🧰

Sekarang, periksa bagian belakang pahat. Sering kali, punggung alat pahat akan mulai menjamur. Saat menjamur, alat pahat perlu diperbaiki dengan benar atau diganti.

Kunci pas – Pastikan kunci pas tidak bengkok. 🔧

Ganti kunci pas yang terkelupas atau aus berlebihan. Lepasnya pegangan pada baut karena kunci pas yang aus atau patah dapat dengan mudah menyebabkan cedera tangan pada penggunanya.

Inspeksi Alat Kerja Anda Dengan Cara :

  • Jaga kebersihan alat. Alat yang kotor lebih sulit digunakan dengan aman dan benar.
  • Jangan memodifikasi perkakas tangan. Pertahankan desain pabrikan tetap utuh.
  • Amankan semua perkakas tangan dan simpan dengan benar. Alat yang tidak disimpan dengan benar dapat hilang, dicuri, atau rusak.
  • Gunakan alat sebagaimana mereka dirancang untuk digunakan. Ini akan menjaga alat dalam kondisi baik, awet dan aman saat menggunakannya.

Jadi, sudahkah anda merawat alat kerja anda? Jika belum, periksa sekarang agar Anda tidak cedera saat bekerja ya!

Terima Kasih dan Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 👋

error: Content is protected !!