Solar Cell Untuk Industri, atau yang biasa kita sebut Solar Panel, memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat untuk industri. Tetapi, sebelum kita masuk dalam pembahasan yang lebih jauh, sudahkah anda tau apa itu Solar Cell? ☀️

Solar Cell adalah perangkat yang secara langsung mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik. Sebagian besar solar cell dibuat dari silikon. Solar cell digunakan untuk peningkatan efisiensi dan penghematan biaya, bahannya terbuat dari bentuk silikon amorf (nonkristalin) hingga polikristalin dan kristal (kristal tunggal).

Tidak seperti baterai atau sel bahan bakar, solar cell tidak menggunakan reaksi kimia atau bahan bakar untuk menghasilkan tenaga listrik, dan tidak seperti generator listrik, solar cell tidak bergerak.

Solar Cell Penerangan Jalan Umum - MKUSBY.COM

Solar Cell Penerangan Jalan Umum (PJU), Oleh PT Media Kontrol Utama.

Jenis dan Tipe Solar Cell

Pada umumnya, Solar Cell atau kita dapat menyebutnya PV, memiliki 2 jenis yang berbeda yaitu Monocrystalline and Polycrystalline.

Panel surya monokristalin dan polikristalin memiliki fungsi yang sama dalam sistem PV secara keseluruhan, dan ilmu pengetahuan di baliknya sangatlah sederhana: panel surya menangkap energi dari matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

Keduanya terbuat dari silikon, karena merupakan elemen yang handal dan sangat tahan lama. Ada banyak sekali produsen panel surya yang memproduksi panel monokristalin dan polikristalin.

Solar cell untuk industri baik Poly dan Mono dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda, tetapi ada perbedaan utama yang harus Anda pahami sebelum membeli solar cell. Yaitu perbedaan utama antara kedua teknologi adalah jenis sel surya silikon yang mereka gunakan: panel surya monokristalin memiliki sel surya yang terbuat dari kristal tunggal silikon, sedangkan panel surya polikristalin memiliki sel surya yang terbuat dari berbagai fragmen silikon yang dilebur bersama.

Solar Cell Untuk Industri

Mungkin saat ini anda merasa bahwa biaya listrik di pabrik anda sangatlah banyak, dan anda ingin melakukan penghematan? Solar Cell adalah solusinya.

Kami akan menjabarkan apa saja keuntungan yang anda dapatkan ketika menerapkan solar cell untuk industri anda. Apa saja?

 

Solar-Cell-Untuk-Industri---PT-Media-Kontrol-Utama-2

Solar Cell Nestle Gempol, Oleh PT Media Kontrol Utama.

1. Penghematan tagihan Listrik

Biaya listrik selalu naik. Biasanya, tagihan listrik untuk gudang mewakili sekitar 15% dari total biaya. Penggunaan solar cell rooftop dibandingkan tarif tanpa menggunakan solar cell dapat lebih hemat hingga 17% dan 27%. 💰

Apabila pabrik anda menggunakan banyak listrik untuk menyalakan peralatan, mesin, lampu interior dan eksterior, maka cara terbaik untuk menghemat biaya adalah dengan mencari sumber energi alternatif, seperti energi matahari.

2. Peningkatan nilai properti Anda

Memasang solar cell untuk industri dapat meningkatkan nilai properti Anda. Hal ini juga membantu agar properti anda lebih cepat terjual jika Anda berniat untuk menjual properti komersial, industri, atau residensial multi-unit Anda di masa depan.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan nilai efisiensi energi yang semakin meningkat. Ketika banguanan anda memiliki solar panel, maka sebagian atau seluruh energi yang dibutuhkan oleh bangunan tersebut dihasilkan oleh panel tersebut.

Artinya biaya operasional jangka pendek dan panjang bangunan Anda lebih rendah daripada bangunan sebanding yang tidak memiliki panel surya yang dipasang di atap. Menarik kan! 🤩

3. Kurangi emisi karbon Anda

Tidak seperti bahan bakar fosil, solar cell untuk industri menghasilkan listrik tanpa polusi udara atau karbon. Selain itu, tidak ada abu atau produk limbah lainnya, dan tidak ada input selain sinar matahari.

Semakin banyak perusahaan sekarang mencari pemasok dengan karbon yang rendah emisi. Dan semakin banyak pelanggan akhir yang memperhatikan argumen ini serta tanggung jawab sosial mereka. 🍃

4. Atap pabrik lebih bersih dan dingin dengan solar cell

Memasang panel surya di atap Anda dapat membantu menjaga atap agar tetap dingin dari sinar matahari yang panas. Panel surya menyerap sinar matahari tidak hanya untuk menghasilkan tenaga, tetapi juga untuk melindungi atap pabrik Anda dari sinar matahari langsung.

Panel surya secara efektif bertindak sebagai pohon peneduh di atas atap. Menurut sebuah penelitian, panel surya membantu mengurangi suhu di dalam rumah hingga hampir 35% atau lebih. 🌳

5. Konsumsi daya gratis solar cell dan jual kelebihannya

Untuk pemasangan PLTS di atap, ada dua model kerja yaitu OFF GRID / ON GRID / HYBRID.  Anda dapat menggunakan Teknologi OFF Grid untuk backup daya apabila suatu saat listrik di kawasan pabrik anda padam. Dan apabila Anda ingin melakukan penghematan, maka ON GRID adalah jawabannya, karena Anda dapat menjual energi solar cell Anda ke PLN.

Jika ingin menggunakan keduanya, anda dapat mengguanakan teknologi HYBRID.

Tertarik menggunakan solar cell untuk industri Anda? Hubungi Kami sekarang dan dapatkan penawaran terbaik. Ciao~ 👋🤩

Referensi : 

PT Media Kontrol Utama

PT Media Kontrol Utama

Adalah jasa profesional untuk Kelistrikan Industri & Gedung Komersil Anda. Telah berpengalaman selama lebih dari 20 Tahun.

error: Content is protected !!